Selasa, 23 Februari 2016

4 Fungsi Umum dan Pengertian Blog


Saat ini, perkembangan internet banyak mempengaruhi pola pikir banyak orang bahwa apa saja dapat didapatkan lewat internet. Semua orang sekarang ini sudah tidak perlu bersusah payah mengerjakan tugas-tugas, mencari-cari materi, sebab di intenet semua sudah tersedia. Tentunya di internet tak bisa lepas dari yang namanya blog dan website. Biasanya orang awam sering mencari sesuatu dan mengkopi lalu mempaste artikel melalui blog atau website. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang blog silahkan membaca artikel di bawah ini.


Pengertian Blog

            Blog merupakan salah satu jenis website, yang umumnya berisi artikel-artikel. Selain itu, blog juga digunakan oleh sebagian orang untuk berjualan online. Banyak yang menggunakan blog untuk menulis artikel dengan tema tertentu seperti misalnya ada yang menulis tentang kumpulan resep masakan lalu disisipkan produk-produk alat memasak di blognya itu.
            Sebenarnya, blog memiliki banyak fungsi yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang, seperti:
  • Blog untuk berjualan online. Hal ini seperti yang sudah diutarakan di atas tadi. Berjualan di blog memang sedikit lebih sulit dibanding berjualan di situs dagang online semacam OLX (olx.co.id), Lazada (www.lazada.co.id), dll. Mengapa sulit? Sebab, bila berjualan di situs dagang online tidak perlu menulis artikel untuk menarik minat pembeli, cukup menulis spesifikasi barang yang dijual saja.
  • Blog berguna sebagai tempat mengutarakan pendapat. Misalkan kita memiliki opini untuk pemerintah, kita bisa menuliskannya di blog agar nanti dibaca oleh publik.
  • Blog sebagai tempat mempromosikan jasa. Banyak designer-designer pakaian yang terkenal membuat blog berisikan jasa-jasa mereka untuk mendesainkan baju
  • Blog bisa membantu masalah keuangan dengan adanya iklan blog. Biasanya di blog bisa dipasang iklan-iklan yang memberikan komisi pada pemilik blog jika ada yang meng-klik iklan tersebut. Tapi, untuk menjadikan blog kita bisa memiliki iklan tentu blog itu harus banyak pengunjungnya.


Membuat blog itu tidaklah susah. Adik saya kelas 1 SMP sudah bisa membuat blognya sendiri walaupun blog itu berisi cerita-cerita dan gambar-gambar kartun saja. Saat ini sudah banyak aplikasi yang memudahkan dalam membuat blog, seperti: Blogger.com, WordPress.com, dan masih banyak lagi tergantung dengan minat dan kesenangan masing-masing individu.
Selamat membuat blog, ya! Semoga setelah membaca artikel ini kita bisa menjadi lebih mengerti lagi tentang blog. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar