Selasa, 01 Maret 2016

LINGKUNGAN BISNIS


TUGAS AKHIR LINGKUNGAN BISNIS

Usaha Donat Kentang yang Minim Modal






Disusun Oleh :

Ulinnuha Fahmi
15.12.8400
15-SIS1-01


STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2016




I.      Abstrak

Usaha rumahan di jaman sekarang ini cukup menjanjikan bagi masyarakat. Banyak ibu-ibu rumah tangga yang mendapat pengasilan dari usaha rumahan yang mereka rintis. Dengan bermodalkan biaya yang minim dapat menghasilkan keuntungan yang maksimalis. Salah satu usaha yang hanya membutuhkan modal kecil tapi prospek hasil besar yaitu usaha donat kentang.  Hanya bermodal  tepung, telur , kentang  dan beberapa bahan lain yang mudah mendapatkannya dan murah kita dapat membuka usaha ini. Mencoba usaha donat dengan bahan kentang disini agar donat yang dihasilkan memiliki  rasa yang unik berbeda dengan donat-donat yang lain. Mungkin banyak saingan dalam memasarkan donat kentang tapi kualitas dari produk donat yang dihasilkan belum tentu sama  dan konsumen pasti akan memilih donat dengan kualitas bagus.

II.    Isi

Sebelum memulai usaha donat kentang, kita harus tau cara membuat donat kentang terlebih dahulu. Berikut ini cara membuat donat kentang:
Siapkan bahan-bahan:
·         400 gram tepung terigu protein tinggi
·         1/2 sendok makan (6 gram) ragi instan
·         35 gram gula pasir
·         15 gram susu bubuk
·         1/2 sendok teh baking powder
·         150 gram kentang kukus, dihaluskan
·         1 butir telur
·         115 ml air es
·         30 gram margarin
·         1 sendok teh garam
·         minyak goreng, untuk menggoreng
Bahan Taburan:
·         150 gram gula donat
Cara Membuat Donat Kentang:
1.      Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, susu bubuk, dan baking powder sampai rata. Tambahkan kentang. Uleni rata.
2.      Masukkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
3.      Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 30 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
4.      Pipihkan adonan. Lubangi tengahnya. Letakkan di loyang yang ditabur tipis tepung terigu. Diamkan 45 menit sampai mengembang.
5.      Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang. Dinginkan.
6.      Masukkan donat ke dalam plastik yang sudah berisi gula donat. Kocok-kocok sampai donat terbalut.
7.      Sajikan.

Sekarang ini donat kentang memang sudah mulai dikenal masyarakat dan sudah mulai banyak yang menjual, sehingga harga sudah harus bersaing. Cara bersaing yang dapat dilakukan yaitu harus pintar-pintar mencari lokasi untuk berjualan dan melakukan inovasi bagaimana caranya agar donat kentang bisa menjadi lebih enak atau paling tidak memiliki citarasa tersendiri. Selain itu mungkin kita bisa memberikan diskon bagi pembeli yang membeli donat dengan jumlah tertentu.

III.   Referensi
http://bisnisfranchiseindonesia.com
http://modalusaha.net


Silahkan buka web STMIK AMIKOM (amikom.ac.id) .

1 komentar: