Selasa, 01 Maret 2016

TUGAS AKHIR LINGKUNGAN BISNIS


TUGAS AKHIR LINGKUNGAN BISNIS
MENGHASILKAN UANG DENGAN INTERNET








Disusun Oleh :

Ulinnuha Fahmi
15.12.8400
15-SIS1-01


STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2016



I.          Abstrak

       Beberapa tahun terakhir internet kian populer bagi masyarakat. Seiring dengan populernya internet, fungsi internet semakin bermacam-macam. Dulu internet hanya digunakan untuk berkirim email, namun saat ini internet sudah bisa sebagai sarana komunikasi, bermain, belanja, dan menghasilkan uang. Banyak orang yang memanfaatkan internet untuk membantu meningkatkan perekonomiannya. Cara mendapatkan uang dari internet tentu sangat banyak dan semua orang dari golongan manapun dapat mendapatkannya. Dengan internet orang yang tidak ingin mengeluarkan banyak biaya dapat menjalankan usahanya untuk menghasilkan uang, begitu juga bagi orang yang memiliki cukup uang dapat membangun usahanya lewat internet.

II.       Isi

Mendapatkan uang dengan internet sebenarnya ada banyak caranya. Berikut ini beberapa cara yang dapat diilakukan untuk mendapatkan uang dari internet:
1.        Jasa
Di internet sebenarnya banyak pekerjaan yang dibutuhkan oleh orang-orang namun hanya beberapa saja yang mengetahuinya. Jasa yang sering dibutuhkan, yaitu:
Menjadi Konsultan SEO

Anda juga bisa menggunakan keahlian di bidang SEO dengan bertindak sebagai konsultan dengan tarif tertentu. Biasanya, seorang konsultan SEO juga sekaligus merupakan link builder dan web designer.
Menerjemahkan Dokumen

Menjadi penerjemah dokumen (document translater) juga menjadi pilihan menarik untuk menghasilan uang dari internet. Human online translater bisa saja dibayar mahal asal hasil kerjanya juga bermutu tinggi.
Menjadi Penulis Tamu (Guest Blogger)

Blog atau situs yang sudah eksis biasanya membutuhkan kehadiran kontributor atau penulis tamu (guest author) untuk topik-topik tertentu dan dibayar tinggi.

Rata-rata pendapatan seorang guest author di blog-blog berbahasa Inggris berkisar antara USD $5 s.d USD $500 per artikel. Untuk skala lokal Indonesia, saat ini banyak blog atau situs yang membutuhkan penulis tamu berkualitas dan tentunya dengan honorarium yang layak.

2.        Menjual Produk/ Dagangan
Saat ini banyak juga orang yang memanfaatkan internet sebagai saran berjualan. Apalagi saat ini sudah tersedia situs-situs yang dapat digunakan untuk jualan online. Selain itu, promosi produk juga bisa dilakukan lewat sosial media. Lebih mudah dan hemat biaya bila berjualan dengan internet.

3.             Iklan
Terkadang ada beberapa orang yang mendapatkan uang dengan iklan dari internet. Biasanya dengan membuat website atau blog yang kita sediakan tempat untuk beriklan. Bila ada orang yang mengklik iklan itu kita bisa mendapatkan uang.

4.             Game

Menjual Game Money atau Credit Points

Apa pun game online yang anda mainkan selalu saja ada jalan untuk menjual game moneyyang anda dapatkan menjadi uang sungguhan. Game money itu bisa saja berupa credit points untuk game tertentu, chips pada permainan online poker/casino dan sebagainya.

Saat ini, chips poker sangat populer menghasilkan uang secara nyata. Banyak yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar monitor online poker hanya untuk berburu chip poker dan menjualnya ke online gamers lainnya. Ini adalah cara termudah menghasilkan uang dari bermain online game, tanpa harus meninggalkan game anda!

Mengikuti Turnamen atau Perlombaan Online Game

Jika anda memiliki keahlian yang memadai untuk game tertentu di internet, maka peluang anda menjadi peserta online tournament bisa terbuka lebar. Jika anda menang dalam pertandingan online game tersebut, maka anda bisa mendapatkan sejumlah hadiah dalam bentuk yang dapat diuangkan secara tunai. Anda tertarik?

Membuka Toko Online Aksesori Game

Game-game tertentu yang memiliki penggemar yang banyak memiliki daya tarik bisnis yang tidak kecil. Online poker misalnya. Anda dapat saja membuat toko online atau apapun bentuknya untuk menjual aksesori yang berbau game poker kepada online gamers lainnya, baik berupa baju kaos, topi, pin atau pernak-pernik lainnya. Ini bisa menghasilkan uang juga lho!

Begitulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan uang di internet.


III.      Referensi

Jefferely  Helianthusonfri, “1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Blogger”, Elex Media Komputindo: 2014.
http://www.asritadda.com

Silahkan buka web STMIK AMIKOM (amikom.ac.id) .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar