Jumat, 04 Maret 2016

TUGAS LINGKUNGAN BISNIS


TUGAS AKHIR LINGKUNGAN BISNIS

BERBISNIS SEPATU LUKIS





Disusun Oleh :
Ulinnuha Fahmi
15.12.8400
15-SIS1-01


STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2016





I.        Abstrak
Membuat atau mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan hobi kita tentu sangat menyenangkan apalagi kalau bisa menghasilkan uang juga. Bagi anda yang suka menggambar atau melukis bisa mencoba untuk berbisnissepatu lukis. Banyak anak muda di Indonesia mencoba bisnis ini dan berkembang menjadi sukses. Selain itu mendapatkan bahan-bahannya juga tidaklah susah. Lebih menguji kreatifitas anda saja dalam mengkreasikan lukisan pada sepatu.
II.    Isi
Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis ini, yaitu :
· Bahan baku berupa tas dan sepatu dari bahan kanvas, dengan berbagai macam model (mis. model sepatu pantovel,tali dsb untuk tas mis. tas selempang, tas jinjing dsb)dan ukuran.
· Satu set perlengkapan melukis (umumnya digunakan cat akrilik karena tidak mudah luntur) beserta kuas dan palet.
· Berbagai contoh desain gambar hasil kreasi anda taupun referensi dari internet atau buku dan majalah.
· Lokasi tempat usaha yang strategis seperti mall, daerah dekat kampus dsb.
· Perlengkapan untuk work shop seperti rak pajangan dsb.
· Merekrut pegawai sebagai pelukis ataupun penjaga
HAMBATAN BISNIS
Setiap usaha pasti akan ada hambatan dan resiko yang akan dihadapi. Hal-hal yang mungkin menjadi hambatan dalam usaha ini antara lain :
  • Mencari sepatu dan tas kanvas yang menjadi bahan baku utama dalam bisnis ini. Harga menjadi hal penting untuk diperhatikan.
  • Kekuatan utama dari bisnis ini adalah desai yang menarik. Mencari desai yang disukai banyak orang adalah tantangan yang harus dihadapi dalam bisnis ini.
  • Mencari jaringan untuk mempromosikan bisnis ini.
  • Adanya pesaing dalam bisnis ini.
  • Hasil desain anda ditiru oleh pihak lain
  • Barang pesanan tidak diambil oleh konsumen.
TIPS DAN TRIK
Setiap memulai usaha baru, kita harus mempunyai strategi agar bisnis kita dapat berkembang. Beberapa strategi yang dapat diterapkan antara lain:
  • Apabila jaringan penjualan kita kurang luas, dengan kecanggihan teknologi saat ini kita dapat melakukan promosi melalui media internet dan website
  • Usahakan setiap konsumen mendapatkan desain yang unik dan special. Dengan desain yang special (hanya dibuat satu) akan membuat konsumen merasa puas memiliki barang yang tidak ada kembarannya.
  • Mnyediakan desain yang diproduksi masal untuk jenis barang dengan harga yang relatif lebih murah untuk variasi pilihan (terutama menyangkut soal harga). Perlu diingat meski diproduksi massal, jumlah produksinyapun perlu dibatasi.
  • Gunakan label atau merk dagang yang unik sehingga mudah diingat
  • Sebagai ajang promosi, kita dapat mensponsori acara-acara mahasiswa dikampus dengan menggunakan produk yang anda produksi.
  • Tampilan akhir (kemasan) produk yang unik dan menarik akan semakin menarik minat konsumen
 III.    Referensi
http://peluangmuda.tumblr.com/post/662136720/memulai-usaha-tas-dan-sepatu-lukis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar